Analisa Usaha Warung Mie Ayam Bakso Bisa Sukses

usaha mie ayam

Saya sering sekali melihat usaha warung mie ayam bakso yang bisa bertahan dibanding dengan usaha di bidang makanan atau kuliner yang lain. Bahkan banyak penjual mulai dari yang gerobakan, motoran, warung semua bisa laris.

Ada analisa yang menarik dari beberapa komentar orang dan pengamatan tentang usaha mie ayam bakso. Dari berbagai sudut pandang dan ada suatu hal yang menjadikan jualan di bidang ini selalu berpotensi ramai pembeli.

Sebenarnya kita sudah bisa tahu kok kalau sering beli, apalagi jika punya langganan. Bahkan tak jarang tahu warung mie ayam bakso mana yang enak di luar kota yang kita kunjungi, bukan cuma di kota tempat kita tinggal.

Banyak orang Indonesia yang suka mie ayam bakso dan keuntungan yang besar menjadi peluang usaha yang selalu potensial yang akan dibahas tuntas di Kelasmentor.

Faktor Penentu Sukses Bisnis Mie Ayam Bakso

1. Rahasia Cita Rasa
Tidak semua orang punya resep dan bisa membuat mie ayam dan bakso di rumah. Untuk bisa membuat atau menghasilkan bumbu mie ayam dan membuat bakso yang rasanya pas itu ada resep khusus.

Semakin enak, maka orang pasti akan kembali karena termasuk jenis jajanan pengganti makan yang banyak dicari orang. Ini juga yang jadi faktor mengapa selalu ramai.

Pembuatan bumbu mie ayam itu termasuk rumit, membuat rasa yang pas, antara manis, asin, rasa jahe. Sekalinya tidak pas maka rasa yang dihasilkan berbeda.

Soal rasa adalah nomer satu untuk bisnis di bidang makanan yang punya pelanggan.

2. Jajanan Pengganti Makan
Orang jajan biasanya untuk makan siang atau makan malam saat ingin makan selain nasi. Banyak sekali orang yang tidak sempat masak dirumah dan ketika bepergian pasti butuh makan.

Sering sekali saat bepergian yang sering dicari adalah warung mie ayam bakso.

Jadi porsi yang dijual juga standar menu makan yang bisa mengenyangkan. Enak, kenyang dan murah inilah yang menjadi faktor utama usaha mie ayam bakso. 

3. Harga Murah
Jajanan yang mengeyangkan jaman sekarang yang lebih murah dari mie ayam sepertinya sulit dicari. Dimana sekarang harga masih di kisaran 10,000 - 15000 an.

Sedangkan untuk makan di warteg saja dengan lauk telur sudah 12.000 sedangkan lauk ayam sudah 20.000. Apalagi jika lokasi makan di mall atau tempat-tempat ramai pasti mencapai minimal 25.000

Harga yang murah, rasa yang enak, dan makanan pengganti  nasi seperti sangat lengkap menjadi faktor utama dari usaha mie ayam bakso.  

Kabar baiknya semua warung di suatu daerah biasanya mematok harga yang sama, sehingga tidak terjadi perang harga.


Tantangan Usaha Mie Ayam Bakso

Rasa enak dan bisa memberikan lebih enak dari warung yang lain menjadi penentu ramai tidaknya. 

Saya sering sekali sekali beli dan tidak pernah kembali karena kecewa dengan rasanya. Padahal saya bisa seminggu 1 hingga 2 kali jajan karena suka makan mie ayam. 

Saya yakin orang Indonesia hampir semua suka, dan pilihan penjual warungnya juga banyak. Jika tidak bisa memastikan  setiap hari rasanya enak, sama saja mengusir pelanggan.

Bukan soal menu yang unik atau tempat yang bagus
Tidak banyak sejarah dijual di restoran mewah, atau tempat-tempat bagus. Bahkan yang sering disukai adalah penjual mie ayam pinggir jalan dengan warung yang biasa saja.

Tidak perlu ide bagus, menu baru, tempat yang bagus. Cukup tempat yang nyaman, harga murah, dan rasanya dijamin enak. 

Saya sendiri dan juga anda ketika ingin pergi beli mie ayam atau bakso yang terpikir pertama di pikiran adalah "dimana yang paling enak"

Banyak pesaingnya
Itulah sebabnya pikiran pertama ketika mau jajan adalah 

"dimana warung mie ayam dan bakso paling enak" 

Ya, dimana yang paling enak karena banyak di satu kecamatan bisa 2 sampai 5 warung yang jual. Karena memang hampir semua masyarakat suka. 

Pikirkan lagi jika sudah ada warung yang yang ramai pembeli, apakah berani buka dengan rasa yang berani di adu?

Jangan sampai blunder berpikiran tentang inovasi menu, tempat kecuali soal rasa bisa bersaing.

Cara masak harus tepat
Jangan dikira sekedar merebus mie dalam air panas, diberi sawi, bumbu ayam dan kuah lalu jadi menu mie ayam yang enak.

Penjual yang ramai biasanya punya keahlian khusus bagaimana mie bisa tepat, tingkat kematangan, kekerasan mie. 

Biasanya jika terlalu lembek orang tidak suka, atau jika terlalu keras rasanya akan rusak. Karena itulah yang sudah berjualan bertahun-tahun akan menjadi pilihan, meskipun hanya jualan gerobakan di pinggir jalan.

Karena sudah mempunyai resep dan juga cara masak yang sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama