Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Makanan

Bisnis di bidang makanan memang dianggap paling berpeluang karena semua orang butuh makan. Tapi kenyataannya ada kelebihan dan kekurangan bisnis di bidang makanan yang sudah umum diketahui banyak orang.

Kelasmentor sebagai media informasi bisnis dan usaha akan memberikan fakta-fakta tentang kelebihan dan kekurangan  bisnis di bidang makanan semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan di bidang ini.

Sebelumnya kita harus tahu ada jenis-jenis usaha makanan yang saat ini ramai dengan target market yang berbeda-beda yang perlu diketahui.

bisnis makanan nasi goreng

Jenis Usaha Makanan 

  • Makanan pokok, yaitu jualan makanan yang menargetkan untuk kebutuhan sarapan, makan siang, dan makan malam. Contohnya adalah jualan sarapan pagi seperti nasi uduk, bubur ayam, penjual warteg, pecel lele, nasi goreng, soto ayam, fried chicken dll.

    Kunci usaha makanan pokok harus enak agar laris setiap hari

    Jumlah modal: sedang

  • Jajanan, penjual jajanan saat ini banyak sekali ditemui di pinggir-pinggir jalan yang ramai seperti cilok, gorengan, telur gulung, martabak, batagor, atau usaha makanan ringan.

    Kunci usaha jajanan harus berjualan di tempat yang ramai, rasa yang enak, dan harga murah.

    Jumlah modal: kecil-sedang

  • Lokasi tempat makan, ada yang menjual tempat makan yang nyaman, pemandangan indah di area pegunungan, atau tempat untuk nongkrong seperti di coffee shop. 

    Tempat makan di mall-mall juga biasanya menawarkan tempat yang nyaman, bersih, rapi dan juga bermacam menu makanan yang enak.

    Jumlah modal: besar
Jadi sebelum memastikan memilih kriteria usaha makanan, anda harus tahu akan memilih di kriteria yang mana yang akan dijalankan. 

Kelebihan  Bisnis di Bidang Makanan

Keuntungan bisa 100%, sudah menjadi hal yang umum bahwa kelebihan bisnis makanan yaitu bisa mendapatkan keuntungan mencapai 100% atau dua kali lipat modal usaha.

Contoh sederhana jualan nasi goreng, modal untuk nasi, telur, ayam suwir, minyak dan acar paling hanya 7000 rupiah tetapi bisa dijual menjadi 15.000. 

Termasuk jenis-jenis jajanan yang kelihatan murah 5000 an tetapi jika dihitung dari modal dan harga jual untungnya bisa dua kali lipat 100%. Apalagi jenis makanan yang harganya relatif mahal.

Cepat laku, orang setiap hari butuh makan, banyak orang yang suka jajan. Setiap pergi selalu ingin jajan, karena itulah jualan makanan itu cepat laku tetapi dengan syarat sudah dikenal.

Misalnya jualan cilok atau telur gulung, pasti lebih cepat laku dari pada membuka warung makan ayam geprek yang akan saya jelaskan di bagian kekurangan.

Mudah menentukan produk karena sifatnya yang sekali makan habis, dalam memilih produk makanan tinggal memilih apa yang disukai masyarakat saja.

Melihat peluang usaha makanan dengan  memastikan apakah di daerah lokasi sudah ada yang menjual atau belum. Atau juga bisa juga menjual secara langsung di pinggir jalan yang strategis dan memasarkan secara online.

Kekurangan Bisnis di Bidang Makanan

Rasa wajib selalu enak, penting sekali rasa makanan yang dijual harus enak sesuai dengan lidah masyarakat. Sekali rasanya tidak enak maka dia kemungkinan tidak akan kembali lagi.

Bisnis makanan adalah jenis yang banyak pelaku usahanya, banyak pilihan tempat makan dan jajan. Rasa yang enak membuat orang kembali.

Jika belum mempunyai resep khusus, racikan yang bisa memastikan setiap berjualan cita rasanya sama setiap hari, lebih baik latihan dan menetapkan resep terlebih dahulu.

Kompetisi tinggi, jenis makanan yang disukai orang Indonesia umumnya jenisnya sama satu antara yang lain, dan pasti juga banyak penjual lain juga.

Misalnya bakso, soto, ayam goreng, adalah jenis makanan yang paling umum disukai kebanyakan orang di Indonesia, dan sudah pasti penjualnya juga banyak.

Makanan tidak awet, adalah risiko paling umum di bisnis bidan makanan. Dibalik kelebihan yang cepat laku dan keuntungan bisa 100%, tetapi juga ada risiko besar jika makanan tidak habis. 

Jenis makanan harus segara habis hari itu juga, sudah tidak layak jual jika hari ini tidak habis maka harus dibagikan secara gratis atau dimakan sendiri.

Orang ragu beli makan jika melihat tempat makan baru yang masih sepi.Biasanya orang yang ingin makan atau jajan memastikan tempat yang di datangi menunya enak dan harganya murah. Dengan melihat apakah tempat makannya ramai dikunjungi.
Ini penyebab paling sering warung makan yang baru buka sepi

Berharap ramai saat dibuka tetapi ternyata sepi. Orang biasanya akan datang mau membeli jika melihat sebuah warung makan juga ada pengunjung lain yang membeli di situ

semakin ramai maka orang semakin penasaran dan berpikir pasti menunya enak dan murah. Ini sering terjadi ketika baru buka, orang yang ingin mampir beli tidak berani.


Harus meramaikan jualan

Salah satu bagian dari bisnis adalah promosi dan marketing, karena itulah sekarang banyak orang mempromosikan di sosial media seperti di twitter dan Tiktok

Pelaku usaha meminta bantuan netizen agar datang untuk meramaikan, apalagi jika sampai  konten FYP di Tiktok akan sangat membantu promosi di jaman sekarang.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama