Motivasi dari Istilah Babat Alas Saat Memulai Usaha

Bagi yang baru memulai usaha atau masih sedang merencanakan mungkin mendengar istilah babat alas, istilah jawa yang artinya membuka lahan baru untuk mulai usaha dari awal sehingga belum banyak orang yang tahu sehingga usaha belum ramai. 

Istilah babat alas yang sudah ada dari dulu ini bisa menjadikan motivasi dan pelajaran dalam memulai bisnis. Biasanya identik dengan kondisi awal-awal pada saat memulai usaha yang masih sepi pembeli. Ini sudah terjadi sejak dulu kala. 

babat alas awal mula usaha

Cerita Orang jaman dulu membuka warung 

Awal mula ketika membuka warung adalah dengan cara meratakan lahan di pinggir jalan dimana yang awalnya berupa kebun atau hutang dalam bahasa Jawa adalah alas. 

Seringkali warung yang baru dibuka umumnya masih sepi pembeli, ini sudah terjadi sejak jaman dulu. Karena awal mula tentu saja belum banyak orang tahu.

Apalagi di jaman dahulu belum ada media promosi seperti sosial media seperti sekarang. Anda bisa membayangkan kondisi tanah Jawa jaman dahulu yang masih sepi, dan ada orang yang berani membuka lahan untuk berjualan.

Sejak jaman dahulu sudah ada penjual warung makan di pinggir jalan, penjual sandang pakaian dan juga perkakas rumah tangga.

Bukan babat alas untuk membuka kebun atau berjualan di pasar, karena jaman dulu orang-orang berkebun di area hutan. Maksudnya adalah membuka usaha baru di lokasi bekas lahan yang telah dibabat atau dibersihkan

Jadi istilah motivasi ketika mulai usaha

"Ya namanya babat alas" itulah yang saya dengar dari orang-orang ketika saya memulai usaha baru. 

Hal ini justru menjadikan motivasi bahwa hal seperti ini sudah terjadi sejak jaman dahulu. Jadi kita yang baru saja memulai dan dirasa sepi memang harus sabar dan tetap memutar otak bagaimana agar bisa menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari.

Selain menjadi motivasi juga harus dijadikan antisipasi sebelum benar-benar memulai usaha dari awal. Belum tentu apa yang dijual orang ramai, kita ikut menjualnya menjadi ramai.

Siap babat alas untuk bisnis jangka panjang

Pelajaran dari kesuksesan orang China ketika mulai berbisnis mereka yakin jangka panjang akan sukses. Karena itu hindari usaha yang sifatnya hanya sekedar trend dan musiman.

Memilih bidang usaha jangka panjang yang pasti akan mendatangkan banyak pelanggan. Karena itu saat akan memulai harus merencanakan dengan matang dan jelas.

Membuka warung sembako sekalipun butuh proses dan waktu agar lama-lama mempunyai konsumen dan pelanggan. Selain itu juga faktor kompetisi di suatu wilayah apakah sudah banyak penjual sembako.

Hal ini berlaku untuk semua jenis produk, menentukan siapa kompetitornya. Maka dari itulah sangat penting sekali sejak awal merencanakan ide bisnis agar sukses kedepannya. 

Mulai dari analisa kompetisi, prospek calon pembelinya siapa, dan apa yang spesial dari produk yang ditawarkan.


Jangan mudah tergiur dengan peluang bisnis

Dari istilah babat alas ini kita belajar dan tahu bahwa ketika baru saja mulai usaha adalah hal biasa masih sepi. 

Jadi bagaimana cara bisa bertahan di saat awal-awal tetap konsisten melakukan promosi, mengatur keuangan agar tidak minus. Tidak ada yang menjamin sebuah franchise terkenal bisa langsung sukses.

Memilih jenis usaha yang cepat terjadi penjualan dengan keuntungan kecil adalah cara bisnis perlahan-lahan terus jalan yang akhirnya menemukan titik sukses. 


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama