Pengertian dan Urutan Logam Mulia dari Nilai dan Harga

Bagi anda yang sedang mencari perhiasan dari jenis logam mulia, mungkin yang paling umum diketahui adalah emas dan perak. Ada beberapa jenis urutan logam mulia yang saya jabarkan di artikel berikut ini. 

Pengertian logam mulia adalah jenis logam yang unsurnya punya daya tahan tinggi terhadap korosi dan oksidasi, korosi adalah kerusakan logam akibat reaksi kimia di lingkungan, sedangkan oksidasi adalah perubahan elektron pada suatu benda yang menyebabkan berubah unsur kimianya.

Dengan kata lain logam mulia adalah logam yang awet dan tahan terhadap fisik, kimia, cuaca, panas, air dan api. Meskipun meleleh karena panas api, tetapi unsur kimia di dalam logam mulia tetap utuh tidak ada perubahan, hanya berubah bentuknya. 

Inilah sebabnya jenis logam mulia adalah logam yang berharga karena tidak akan berubah puluhan bahkan ratusan tahun. Sebagai contoh emas yang terkubur ratusan tahun ketika ditemukan masih dalam bentuk emas. 

Jenis Logam Mulia Paling Mahal hingga Murah

1. Platina

logam mulia platina
Platina atau platinum mempunyai kode nomor atom kimia (Pt) dengan nilai unsur kima 78. Secara nilai logam unsur kimia Platina masih dibawah emas, tetapi di pasaran Platinum menjadi lebih mahal daripada emas karena lebih langka di pasaran

Jika anda sadar pada jenis kartu nasabah ada 3 jenis urutan, silver, gold, platinum ini menunjukan bahwa kelas platinum lebih tinggi dari emas.

Karena langka tidak semua toko perhiasan menjual platinum, biasanya hanya toko tertentu saja yang menyediakan perhiasan berbahan platinum.

2. Emas

logam mulia emas
Gold atau emas dengan kode nomor atom (Eu) dengan nilai unsur 79 adalah logam mulia tertinggi. Maka dari itu di pasaran emas paling populer dengan siklus harga jual yang cepat.

Emas menjadi logam mulia paling popule bagi masyarakat di seluruh dunia, mempunyai harga jual yang bagus, sangat diminati, mudah ditemukan, mudah dibeli dan dijual tetapi barangnya sangat awet.

Bahkan sangat disarankan banyak pakar keuangan untuk menyimpan uang dalam bentuk emas. Merek pencetak emas batangan di Indonesia paling terkenal adalah Antam dan LM (Logam Mulia)

Bisa dibaca Cara Beli Emas Antam Mudah dan Simple

3. Paladium

logam mulia paladium
Logam mulia Paladium berkode kimia (Pd) dengan nilai 46 selisih 1 dengan Perak di angka 47 tetapi mempunyai nilai harga jual lebih tinggi daripada perak.

Paladium sering digunakan sebagai bahan perhiasan seperti cincin dan kalung. Di Indonesia populer cincin paladium sering dipakai pria karena ada larangan dalam Islam bahwa laki-laki memakai perhiasan emas.

Jadi paladium menjadi pilihan alternatif daripada perak, secara penampilan warna pada perhiasan paladium juga lebih mewah daripada emas.

4. Perak

logam mulia perak
Silver perak adalah logam mulia dengan kode unsur (Ag) dengan nilai 47 ini sudah sangat terkenal di masyarakat seluruh dunia. Bahkan perak paling banyak kedua untuk bahan pehiasan setelah emas. 

Pilihan perhiasan di toko biasanya ada dua bahan yaitu emas dan perak. Baik untuk perhiasan umum ataupun untuk cincin tunangan, cincin nikah banyak menggunakan perak.

Soal harga, perak sangat jauh dibawah emas, menjadi alternatif yang disukai karena termasuk logam mulia. Bahan perak juga mudah dijual belikan tetapi harga jual kembalinya kurang diminati karena terlalu murah.

Selain banyak digunakan untuk membuat perhiasan, perak juga banyak banyak digunakan untuk membuat uang logam.

5. Logam Mulai Lain

Jika berdasarkan tabel kimia logam mulia terdiri dari rutenium (Ru), rodium (Rh), paladium (Pd), perak (Ag), osmium (Os), iridium (Ir), platina (Pt), dan emas (Au). 

Jadi selain Platina, Emas, Paladium dan Perak masih ada Rutenium, Rodium, Osmium, dan Iridium. Namun jenis ini hampir tidak ada di pasaran, mungkin digunakan untuk material industri mesin dan listrik.

Dari ke empat logam mulia diatas, hanya emas yang mempunyai warna paling beda diantara warna lain. Itulah sebabnya emas menjadi logam mulia paling terkenal.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama