9 Peluang Usaha yang Cocok di kampung

Jika kita kreatif kira-kira usaha apa yang cocok di kampung atau di desa. Ada cukup banyak peluang kelebihan memulai usaha  di desa. Tidak perlu untuk meninggalkan kampung  halaman karena usaha di desa pun bisa  mendapatkan penghasilan yang menguntungkan.

Hanya perlu mencari pasarnya dan pesaingnya pun relatif lebih sedikit. hal terpenting  untuk berinovasi dan membuat suatu konsep  usaha. 

Apalagi melihat komitmen Pemerintah meningkatkan perekonomian di pedesaan di desa persaingan sebuah usaha relatif lebih lebih rendah dibandingkan di kota maupun di pinggiran kota ya sebab pelaku usaha masih sedikit modal yang terbatas juga menjadi hambatan tersendiri sehingga kebanyakan masyarakat di pedesaan sulit untuk mengembangkan usahanya.

1.Bisnis Tanaman Panen Harian

usaha di kampung tanam cabe

Peluang usaha di desa pertama yang bisa Anda coba Ya itu adalah menanam hasil pertanian di kebun Ada banyak jenis perkebunan yang bisa dicoba mulai dari cabe, bawang, sayur, tomat hingga jamur. Tinggal menysesuaikan saja dengan iklim tempat anda tinggal serta ukuran kebun yang dimiliki.

Usahakan jenis tanaman yang cepat panen dalam waktu kurang dari 3 bulan. Kemudian setiap hari bisa memanen dan menjual untuk mendapatkan hasil yang lumayan setiap hari. 

2. Menjual hasil pertanian 

usaha di kampung jual sayur

Modal utamanya adalah kenalan di pasar daerah kota, atau dengan sederhana bisa menjual sayur keliling adalah ide distribusi hasil pertanian dari desa ke kota.

Seperti yang kita ketahui salah satu pemasukan penduduk desa di Indonesia itu adalah dari bertani atau bercocok tanam. Butuh didistribusikan dengan baik dan benar pemasukan mereka tentu akan mengalami jalan buntu.

Fokus mendistribusikan hasil pertanian tersebut ia menjadi seorang distributor hasil pertanian dari desa ke kota itu adalah peluang usaha yang bisa Anda coba modal utamanya adalah kendaraan untuk distribusi.

3. Beternak ayam kampung

usaha ayam kampung
Hewan seperti ayam kampung sangat mudah di ternak di belakang rumah asal ada lahan untuk ayam berkeliaran dan membuat kandang.

Memulainya bisa manfaatkan sebagai tempat untuk berternak ya bila nanti sudah menghasilkan keuntungan dan berencana membuka lahan yang lebih besar lagi, baru cari tanah baru untuk mengembangkan usaha ternak tersebut.

Ayam kampung jika sudah punya 10 jantan dan 10 betina akan bisa rutin panen telur ayam kampung minimal 10 butir per hari jika dijual sudah mendapatkan 30 ribu rupiah. Belum jika menjual ayam kampung untuk daging, 1 ayam kampung harganya termasuk mahal.

Baca Panduan Usaha Ternak Ayam Kampung Rumahan

4. Warung Kopi dan Wifi

usaha di kampung warung kopi wifi

Di desa pada umumnya masyarakatnya masih sayang untuk membeli kuota dalam jumlah banyak. Anda bisa membeli penyedia wifi di kota Anda dengan harga paling minim.

Orang-orang akan suka, selain datang untuk ngopi mereka bisa menumpang wifi di tempat kopi Anda. Bisnis warung kopi di desa ini cukup menjanjikan. Harga kopi hitam seribu bisa dijual 3 ribu, menjual es teh dan makanan nasi angkringan.

Modal yang dibutuhkan juga relatif lebih sedikit karena anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk belanja bahan masakan ya cukup menyajikan aneka ragam kopi ya serta beraneka ragam mungkin snack-snack gorengan sebagai menu pelengkap.

5. Youtuber

Siapa dari anda yang suka menulis, maka anda bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk menulis di blog ya tentang kisah unik hidup didesa atau wisata wisata yang di dekat desa Anda.

Kalau ingin lebih niat lagi bisa jadi seorang youtuber ya dengan konten menarik ya berlatarbelakang tetep pedesaan. Banyak youtuber yang sukses dari pedesaan ya salah satunya adalah Om gondrong Labanan dengan channel memancingnya ini dan channel tips-trik youtuber nya dan itu dilakukan semua dari desa.


6. Warung Sembako Konsep Warung Madura

Dengan sedikitnya jumlah minimarket dan toko di kampung, Anda bisa buka warung sembako atau kelontong di rumah anda sebagai usaha untuk inovasinya layaknya warung madura di daerah Jakarta.

Yaitu model warung yang sangat lengkap isisnya, menyediakan beras di etalase, ada es krim dan berbagai snack yang digantung di depan. Anda bisa buka dari pagi setelah subuh hingga jam 10 malam untuk membedakan warung dengan yang lain.


7. Produksi dan jual hasil kerajinan tangan

Peluang usaha yang cocok di kampung selanjutnya yang wajib dicoba adalah mengembangkan produk hasil kerajinan tangan. Produksi di desa kemudian pasarkan di online dengan target pembeli di kota.

Jika di desa ada merupakan sumber bahan kerajinannya melimpah ruah Indonesia tuh terkenal di dunia internasional sebagai salah satu negara penghasil kerajinan tangan yang berkualitas baik contohnya kerajinan kayu. 

Hal itu masih kurang disadari oleh masyarakat kota yang lebih banyak dibanjiri dengan brand-brand asing karena itu Anda bisa mengambil kesempatan memproduksi hasil kerajinan tangan.


8. Produksi makanan ringan

Setiap wilayah desa di tanah air pasti memiliki makanan olahan yang khas untuk Anda pasarkan kembali diluar daerah. Misalnya keripik apel Malang di Jawa Timur, keripik singkong, keripik tempe dan lain sebagainya.

Harga bahan pokok nya yang relatif tadi Desa menjadikan peluang ini ke bisa mendapatkan keuntungan besar Jika anda bisa memasarkannya dengan benar.


9. Usaha Fotocopy dan ATK

Membuka usaha fotocopy adalah jenis usaha lainnya yang bisa menoba melakukan di desa. Anda nggak perlu bangunan yang besar untuk memulainya. Cukuplah dengan mungkin garasi atau di ruang tamu rumah yang berukuran tiga kali tida meter saja udah bisa bikin buka jasa fotocopy.

Saya juga salah satu yang membuka usaha yang cocok di kampung toko alat tulis, kebutuhan sekolah, dan print fotocopy.

Bisa baca Usaha Fotocopy Modal 5 Juta


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama