Antara Investasi Emas Vs Saham Lebih Baik Mana

Sebelum menentukan pilihan ada baiknya anda memahami antara emas vs saham lebih baik mana untuk pilihan investasi. Saya sendiri telah pengalaman membeli emas dan juga saham sejak tahun 2016 hingga saat ini masih memilih emas dan saham untuk investasi.

Emas atau saham memiliki nilai dan resiko sendiri-sendiri, sehingga memang pantas untuk dipertimbangkan untuk memilih investasi dimana. Sebelum menjelaskan perbedaan antara emas dan saham akan saya jelaskan

Investasi adalah adalah kegiatan mengalokasikan uang ke barang atau aset lain sebagai bentuk penanaman modal dengan harapan akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal yang telah dilakukan.

Barang atau aset investasi yang paling terkenal adalah deposito, emas, saham, tanah, dan property. Setiap instrumen investasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya akan membahas emas dan saham.

Investasi emas vs saham

Investasi Emas

Membeli emas oleh sebagian banyak orang dianggap investasi. Hal ini sangat benar karena setiap bertambah tahun harga emas akan terus naik dan tidak pernah turun. Harga emas naik turun jika dalam kurun waktu harian atau masih dalam hitungan bulan.

Harga emas akan naik jika sudah melewati satu hingga 2 tahun lebih. Itulah sebabnya emas menjadi aset pilihan untuk menyimpan uang terbaik dibandingkan dengan aset lain apapun saat ini. 

Sampai saat ini saya masih menyimpan emas, dan ketika butuh mendadak akan saya gadai dan kemudian cepat saya ambil kembali. Karena rugi jika sampai menjual emas karena nilainya yang terus naik.

Di tahun 2015 harga emas adalah 500 ribuan, dan di tahun 2022 harga emas sudah menjadi 1 jutaan. Emas disebut aset anti inflasi. 

Inflasi adalah kenaikan harga-harga barang, jasa dan sewa yang menyebabkan nilai menjadi uang menurun. Jika anda di tahun 2015 untuk membeli pertamax 100 ribu sudah mendapatkan 10 liter lebih, di tahun 2022 pertamax 100 ribu hanya mendapatkan 7 liter.

Mengapa Memilih Emas? 
Jika anda ingin menyimpan uang dalam jangka waktu yang lama dalam bentuk aset yang nilainya terus naik, maka emas adalah pilihan terbaik.

Baca Cara Menabung Emas Bisa Untung

Investasi saham vs emas

Investasi Saham

Saham sangat berlawanan dengan emas, jika dalam waktu hitungan hari dan bulan  bisa naik dan turun secara cepat senilai 5% hingga 30%. Tetapi bisa jadi dalam kurun waktu 1 hingga 5 tahun harganya terus turun merosot.

Investasi saham jauh lebih sulit dibandingkan emas, kebanyakan yang terjun di dunia saham bukan untuk investasi tetapi trading dengan tujuan keuntungan dari kegiatan jual beli saham.

Membeli saham saat harga rendah dan menjual saat harga tinggi sehingga akan memperoleh keuntungan dalam waktu cepat.

Ada juga yang tetap bisa sukses investasi saham dengan kemampuan analisa fundamental yang cerdas. Analisa fundamental adalah membaca fundamental sebuah perusahaan dari banyak faktor mulai dari harga wajar saham, aset perusahaan, produk perusahaan di pasar, hutang perusahaan dan lain sebagainya.

Setelah semua bisa dibaca dan yakin harganya akan meningkat maka bisa investasi saham. Saya pernah sukses untung investasi di saham JPFA dan ADHI membeli saat harganya jatuh.


Investasi saham tidak rekomendasi

Bagi anda yang ingin menyimpan uang, karena resiko saham terlalu tinggi. Bisa jadi anda membeli saham senilai 10 juta tapi dari tahun ke tahun bisa turun hingga tersisa 2 juta karena nilai sahamnya terus turun. 

Banyak orang yang juga tidak paham, tiba-tiba masuk dan investasi di dunia saham yang mengharapkan keuntungan instan. Tetapi kenyataannya harga sahamnya turun dan rugi. Tindakan ini sama hal nya dengan judi.

Tetapi bagi yang tahu dan bisa membaca fundamental saham sebuah perusahaan dan yakin untuk investasi jangka panjang, maka hal ini yang tepat dalam memilih investasi saham.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama