Inilah Cara Kerja Investor Menggandakan Uang

Dalam dunia bisnis, usaha dan investasi kita perlu tahu bagaimana cara kerja investor, apa saja yang bisa menjadi landasan investor untuk berinvestasi di sebuah aset. Beberapa tempat untuk berinvestasi, yang paling umum adalah di sektor saham dan usaha. 

Dengan harapan investor mendapatkan keuntungan dari laba perusahaan dari nilai investasinya. Saya sudah berpengalaman investasi saham sejak tahun 2018 sehingga bisa menyampaikan sedikit info yang mungkin bermanfaat.

Dalam artikel ini akan membahas 2 sisi yaitu bagaimana menjadi investor dan bagaimana cara kita mencari investor.

Cara Kerja Investor


Menjadi Investor untuk Menginvestasikan Uang

Seorang investor biasanya sudah mempunyai uang berlebih dan ingin menempatkan uang, atau agar uang nya bisa berkembang. Kita tahu bahwa uang yang disimpan saja dalam bank nilainya akan turun, sedangkan jumlah bunga bank lebih kecil dari penurunan nilai, yaitu inflasi.

Cara kerja investor

1. Memilih aset yang nilainya terus bertambah seperti emas, saham dan tanah lalu membeli aset tersebut sesuai jumlah uang yang akan di investasikan.

Baca Antara Investasi Emas Vs Saham Lebih Baik Mana

Emas adalah aset paling mudah dan jelas untuk menyimpan uang dan minim resiko, kemudian tanah di lokasi strategis, kemudian baru saham.

2. Memilih perusahaan yang membutuhkan modal usaha dan siap membagikan deviden keuntungan kepada investor.

Saham sebenarnya juga sama prinsipnya dengan perusahaan yang membutuhkan modal dari pasar modal, tetapi saham tidak ada kewajiban pembagian deviden. Saham lebih mengutamakan kenaikan nilai saham yang nantinya bisa dijual.

3. Persentase Investasi ketika perusahaan menjual saham sebesar 20% maka anda akan mendapatkan laba bersih 20%.

Misalnya ada perusahaan Coffeeshop yang membutuhkan modal 100 juta, kemudian merancang rencana bisnis dengan perhitungan

50% modal dari owner sebesar 50 Juta

Kurang 50% ditawarkan kepada 5 orang dengan penawaran 10% atau Rp 10 juta.

Kita ikut dengan memberikan Rp 10.000.000

Sebagai contoh tempat bertemunya investor dan perusahaan penerbit investasi adalah LandX

Ada 2 Jenis Nilai Jenis Investasi

uang investasi
Kenaikan  nilai investasi, yaitu pemodal akan diberikan keuntungan sebesar 5 hingga 20% setelah 6 bulan investasinya akan dikembalikan.

Balik di poin nomer 3, setelah Coffee shop berjalan 5 bulan maka owner memberikan nilai 10% jaddi akan membayarkan kembali kepada investor sebesar 

Rp 10.000.000 + 10% = Rp 1.1000.000

Saham, memberikan nilai saham sebesar 10% selama usaha masih berjalan, setiap bulan akan dihitung berapa keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Misalnya di bulan ke 3 coffee shop untung 10 juta, maka akan diambil owner 5 juta atau 50% kemudian investor mendapatkan keuntungan 1 juta.

Saham punya resiko jika usaha gagal, maka investor akan kehilangan uang, jika rugi investor juga ikut rugi.

saham investasi

4. Kapital gain, adalah mendapatkan keuntungan dari bertambahnya nilai perusahaan yang di invest. Banyak sekali investor besar internasional bermain di jual saham. Mereka mencari perusahaan kecil yang belum begitu maju. 

Nilai kapital gain bukan sekedar keuntungan seperti di poin ketiga, tetapi nilai sebuah perusahaan, pasar, pengguna, dan juga merek.

Contohnya Gojek, Tokpedia, Stockbit, Ajaib adalah perusahaan yang setiap tahun kapital gain nya terus naik dengan naiknya popularitas nama

Kemudian disaat nama perusahaan itu besar maka nilai harga saham nya juga besar, maka bisa dijual lebih mahal.

Kasus maraknya startup adalah sistem seperti ini, banyak investor menanamkan modalnya, kemudian jika nama startup mulai tumbuh akan menjual dengan harga yang lebih tinggi. 

Mencari Investor untuk Mengembangkan Perusahaan

Jika pembahasan sebelumnya adalah bagaimana cara kerja investor menanamkan modalnya, di pembahasan kedua ini bagaimana cara perusahaan mendapatkan investor.

Pada poin ini tujuannya adalah bagaimana usaha bisa meningkat dengan modal dari investor. 

Anda harus paham pada pembahasan sebelumnya di poin 3, ada 2 hal yaitu kenaikan nilai investasi atau dengan sistem saham.

Jadi pastikan memilih sistem yang mana untuk ditawarkan kepada investor.

Dalam dunia bisnis dan usaha jika belum dijalankan kita tidak tahu kedepannya akan sukses atau rugi, tetapi bisa merencanakan sebaik mungkin agar sukses. Bahkan perusahaan besar pun banyak yang tiba-tiba mendadak rugi dan menutup usaha.

Kalau kamu tahu di Indonesia atau 7Eleven, Giant, Mataharimall.com dan sebagainya bukti sekelas perusahaan besar dengan orang-orang pintar bisa rugi.

Untuk belajar bisa dicoba di website atau aplikasi LandX di bagian perusahaan penerbit, silahkan dibaca apa saja syarat dan ketentuan untuk mendapatkan pendanaan dari investor.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama