6 Langkah Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

cara memulai bisnis online pemula

Di artikel kita akan belajar mengenai cara terpenting bagaimana cara memulai bisnis online bagi pemula. Baca baik-baik karena saya akan menyampaikan rahasianya.

Supaya anda tidak salah langkah dan bisa memulai dengan cara yang baik dan benar dengan cara memulai seperti ini lalu siap memulai bisnis online.

1. Temukan passion

Saya ulangi sekali lagi rahasia pertama adalah temukan passionmu. Dalam bahasa indonesianya artinya adalah cari dahulu apa yang membuat anda bergairah.

Intinya begini kalau kita tidak bergairah,tidak senang dengan apa yang kita akan kerjakan nanti anda akan merasa kalau yang anda kerjakan menjadi beban. mungkin anda pernah mendengar satu peribahasa yang berkata bahwa

"kalo kita mengerjakan sesuatu yang kita suka maka kita tidak akan merasa itu sebagai beban"

Tapi kita merasakan mengerjakan suatu hobi, jadi tidak pernah merasa sedang kerja.

Seperti contohnya,hobi anda memasak, kemudian tanpa disuruh saya yakin anda ingin masak sendiri, ada maupun tidak ada orang datang anda tetap memasak,kenapa?

Karena anda hobi, sama seperti kalau anda hobi bermain game anda tidak perlu dibayar untuk bermain game. Anda bahkan membayar untuk bermain game.

Sayangnya hal seperti itu kurang produktif, sedangkan di dalam bisnis online yang pertama harus anda cari adalah barang apa,produk apa atau mungkin hal apa yang membuat anda tertarik atau senang.

Cntohnya fashion, ada orang yang begitu membicarakan fashion dia senang dia bisa langsung menilai baju ini bisa laku tidak?

karena kenapa? dia sudah punya cita rasa dan juga pemilihan warnanya. Ini penting sekali,karena pada saat anda memulai bisnis online anda yang harus memilih barangnya.

Seperti contoh yang lain misalnya anda mempunyai passion kuliner. Mungkin anda cocok,kuliner ada banyak bermacam macam mislnya,anda punya passion mengenai snack, bermacam macam snack. Bisa saja mengenai pisang sale, singkong chips dan lain sebagainya.

Tapi jika anda tidak mempunyai passion mengenai kuliner anda akan susah menjual ini.

Jadi nomor satu anda harus punya passion dahulu. Kalau anda mempunyai passion anda akan terus bekerja tanpa merasa anda sedang bekerja, sehingga pekerjaan anda akan terasa sangat ringan dan anda bisa maju jauh lebih cepat.

2. Mencari role model yang sukses

Maksudnya adalah anda harus mencari contohnya siapa yang dulu sudah sukses berbisnis online, anda bisa cari di Youtube banyak contohnya, kemlaikan di poin 1 sesuiak minat passion kamu bidang apa.

Berjualan fashion laku banyak dan anda mengidolakannya. Siapa dahulu yang sudah pernah berjualan chips pisang yang laku banyak dan anda bisa mengidolakannya.

Kalau anda tidak punya role model anda bayangkan, anda diberi sebuah kertas putih kosong kemudian anda yang tidak mempunyai pengalaman sama sekali, tidak mengerti sama sekali, dan tidak tau prospeknya seperti apa, bisa besarnya seperti apa.

Anda harus memulai bisnis itu dan anda harus menggambar kertas putih itu sendiri, jadi seperti anda diperintah menggambar di kertas putih diperintah untuk menggambar gajah, tapi anda tidak tau gajah ini bentuknya seperti apa?

Susah tidak? pasti susah

Tetapi kalau anda sudah tau ada orang yang sudah pernah menggambar gajah sebelumnya, anda lihat gambarnya dan anda tiru ini adalah teknik ATM, amati,tiru, modifikasi.

Kalau misalnya anda mengidolakan seseorang yang jago berjualan gadget, kalau dia jago berjualan gadget tapi anda sukanya kuliner itu masih bisa, yang penting berjualan barang anda lihat bagaimana dia berjualan, bagaimana cara dia mempromosikan.

Belajar cara dia memfoto, membikin content dan sebagainya. Itu bisa menjadi inspirasi anda kalo semisal orang yang anda idolakan itu sama kategori bisnisnya dengan anda.

Sebagai contoh, misalnya anda berjualan baju dan kebetulan ada mas andri yang sukses di batik.  Anda bisa melihat,bagaimana cara dia memulai bisnis bagaimana prospek dia kedepannya, bagaimana cara dia mempresentasikan dan membuat contennya.

Karena ini menurut saya salah satu hal yang krusial terutama untuk anda pebisnis pemula.

3. Pilih siapa customer anda

Kenapa pilih customer terlebih dahulu, bukan pilih produknya. kebanyakan dari kita dalam bisnis tradisional

kita pasti memilih produk terlebih dahulu. Misalnya pada saat saya membuka toko, saya memilih produk dahulu dan saya memilih produk yang kebanyakan orang bisa suka.

Tapi sebenarnya produk itu yang suka siapa? saya sendiri. Ini ada resiko besar, karena saya akan berharap bahwa

customer yang nanti membeli harus sesuai seleranya dengan saya.

Tidak semuanya apa yang kita suka orang lain juga suka, ataupun apa yang kita tidak suka orang lain pasti tidak suka, tidak mesti.

Apa yang saya tidak suka belum tentu orang lain tidak suka, begitu pula apa yang saya suka belum tentu semua orang suka. Jadi kita harus perhatikan itu, kenapa kita memulai dari customer dahulu?

kita perlu tau customer mana yang paling cocok. Jika anda di perintah berjualan mebel, anda tidak pernah berjualan meubel sebelumnya tapi anda pernah dengar kalau di online laku banget.

Pertanyaannya apakah anda cocok dengan berjualan meubel ini? dan kemudian customernya siapa?

Jadi jangan memilih yang jauh dahulu, meskipun orang orang berjualan kayu jati miliaran tapi anda harus memulai dengan sesuatu yang dekat dengan anda. 

Lebih mudah memulai, jadi anda bisa test market dengan cepat itu intinya. Jadi sesudah anda memulai dari customer ini anda harus membuat customer persona ideal anda.

4. Menetapkan customer ideal

Misalkan anda tau teman teman sekitar anda yang seumuran dengan ana. Dia sukanya makan cemilan kripik kulit, anda riset dulu orang yang suka kripik kulit ini.

Pertama,kondisi keuangannya bagaimana?
dia bisa mengeluarkan uang berapa banyak?
dalam 1 minggu dia beli berapa kali?
dan kemudian dia tinggal di mana?
sekolahnya dimana? berteman dengan siapa?
ikut organisasi apa? dan sebagainya

Ini akan kalian susun semua menjadi suatu customer ideal. karena ini nanti akan penting ketika anda memulai iklan pada saat anda beriklan di media sosial.

Ini bedanya antara bisnis online dengan bisnis offline. Jadi pastikan yang pertama anda memilih customer dahulu.

5. Pilih kategori anda

Saya tidak berbicara produk tetapi kategori, pilih kategori. Kenapa kategori penting?

Misalkan begini, anda akhirnya memilih berjualan kripik kulit, tetapi anda tidak mau terbatas di kripik kulit saja. Pilih kategori,yaitu snack (makanan ringan)

Malkan nanti pada saat kripik kulit anda berkembang, anda bisa perluas ke kategori barang serupa yaitu snack juga. Macam macam makanan ringan, intinya anda bisa berkembang dari satu kategori tersebut.

Jadi sebelum memilih produk, yang terpenting pilih kategori

6. Pilih media berjualan

Satu saja dan berpegang pada itu. Sama seperti ketika anda membuka toko offline, jika anda memulai membuka toko di mangga dua pertama kali, jangan langsung membuka toko di tanah abang,  jangan langsung membuka toko di PGS.

Jangan membuka toko terlalu banyak dahulu. Anda harus konsentrasi di satu tempat terlebih dahulu. Kalau di digital atau bisnis online anda harus pilih terlebih dahulu anda mau menjual di mana?

mau menjual di instagram?
mau menjual lewat website?
mau menjual di marketplace?

Setiap market ini berbeda beda-berbeda. Beda karakter dari para penggunanya, anda harus memilih satu dan konsentrasi disitu.

Contoh misalnya anda memilih Shopee, anda tau pengguna Shopee itu rata rata wanita,

jadi kalau produk anda cocok dengan wanita, Shopee itu akan cocok. Jadi anda tau bahwa barang barang yang disukai wanita itu apa saja

Semoga artikel cara memulai bisni online ini bermanfaat

Baca juga Cara Jualan Tanpa Modal dan Stock Barang

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama