Ini Rekomendasi 5 Usaha Yang Tidak Pernah Sepi

Mungkin sudah banyak artikel dan informasi jenis usaha yang tidak pernah sepi. Di artikel ini saya akan menjelaskan lebih dalam dan meyakinkan. Bukan sekedar informasi umum tentang usaha yang tidak pernah sepi, sama satu dengan yang lainnya.

Kunci usaha yang tidak ada matinya adalah "usaha yang pasti dibutuhkan manusia dan berinovasi".

Selama ada manusia hidup, selama itu pula akan selalu ada peluang, ada usaha, baik produk maupun jasa. Perubahan yang terjadi hanya pada cara kerja dan inovasinya. 

Maka dari itu pada artikel ini semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk bisa mendapatkan ide memulai bisnis dengan mempertimbangkan jenis usaha tidak pernah sepi dan terus mengikuti perkembangan jaman.

3 Usaha yang Tidak Pernah Sepi Karena Inovasi

1. Tempat Nongkrong dan Ngopi 

usaha tidak pernah sepi warkop
Dari warkop  hingga Coffee Shop

Di tahun 90 an warkop menjadi tempat favorit para remaja untuk nongkrong, ngopi dan ngobrol bersama temannya. Inti usaha warkop di tahun 90 adalah tempat nongkrong, ngobrol, dan ngopi. 

Di era tahun 2000 an mulai marak kendaraan bermotor, warkop menjadi tempat nongkron dan istirahat, jalan-jalan mulau banyak dibangun. Tahun dimana mulai muncul banyak motor dan kendaraan, di tahun ini banyak bermunculan warkop di jalan-jalan strategis

Di tahun 2010 mulai berkembang internet, warkop mulai berubah menjadi coffee shop menyediakan tempat yang instagramable dengan koneksi wifi internet. Kemudian di era 2015 muncul tren vape, tapi intinya sama mereka datang untung nongkrong.

Inti dari usaha dari mulai warkop hingga coffee shop adalah "tempat nongkrong, sambil ngopi"

Siapa yang bisa mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi maka pasti akan terus ramai tidak pernah sepi. Selama masarakat Indonesia suka ngumpul sambil ngopi.


2. Usaha Bidang Hiburan

usaha hiburan
Sadarkah anda bahwa ramainya pemilik channel youtube jaman sekarang ini bagian dari hiburan. Selama manusia hidup pasti butuh hiburan.

Seperti di tahun 90 an radio dan televisi sangat digandrungi, kemudian di tahun 2000 an mulai grup musik, konser, dan Mp3 disukai. Lalu di era 2010 hingga sekarang facebook, youtube ramai disukai ya karena disana memberikan hiburan.

JKTGo adalah salah satu contoh yang menyadari bisnis usaha hiburan ini akan selalu ramai. Mereka lalu meluncurkan hiburan rumah hantu seperti Terowongan Casblanka, Rumah Setan Malioboro, Wisata Desa Penari dll

Marvel juga terus laris karena bisa berinovasi di sektor hiburan. Ketika di era tahun 70-90 sangat tenar dengan komiknya, tahun 2010 sudah berinovasi dengan film-film layar lebar dari Marvel Cinematic Universe.

Grup music dan konser tidak pernah sepi job jika penyanyinya terus mengeluarkan lagu dan album baru.

3. Jajanan Sesuai Tren

Mengapa saya sebut jajanan sesuai jaman, karena intinya sama, manusia akan selalu butuh jajan dan makan. Jajan bukan lagi soal lapar, tetapi karena tren dan keinginan.

Dari tahun ke tahun selalu muncul beragam inovasi jajanan. 20 Tahun yang lalu tidak ada yang namanya telur gulung, karena siapa saja dengan mudah bisa menggoreng telur di rumah, tapi siapa sangka sekarang jadi jajajan yang laris.

Getuk jajanan khas Indonesia ini mungkin adalah jajanan yang sangat laris di tahun 80-90 an tetapi berkembangnya zaman semakin dilupakan. 

Inovasi jajanan tidak terlalu sulit, hanya butuh sentuhan baru kemudian viral disukai masyarakat. Inti usaha yang tidak pernah sepi di sektor jajajan itu bisa berinovasi.

Banyak sekali jajanan baru seperti boba, bakso bakar, cilor maklor, basreng berbagai macam bisnis makanan ringan sekarang banyak disukai, asal bisa memunculkan inovasi rasa. 

4. Ternak Ayam

Rasa-rasanya ketika ingin memikirkan apakah orang Indonesia tidak lagi makan daging ayam, tidak lagi makan telur? sepertinya tidak mungkin.

Jadi usaha ternak ayam potong dan telur pasti tidak akan sepi, tinggal pandai mencari dimana pasar dan konsumen yang siap untuk membeli setiap hari. 

Seperti misalnya bekerjasama dengan penjual daging ayam atau penjual telur di pasar yang setiap hari bisa mengambil dari kandang ternak ayam.

5. Mie ayam Bakso

Orang Indonesia rata-rata suka mie ayam bakso, karena ketika membeli untuk makan sekaligus jajan. Jarang orang yang bisa membuat bakso atau mie ayam sendiri di rumah karena resepnya termasuk ribet.

Mie dan bakso menjadi disukai karena di rumah tidak ada dan ingin  makan selain nasi. Asal bisa memberikan rasa yang enak, usaha dibidang makanan tidak ada sepinya.

Kuncinya adalah rasa dan lokasi usaha sedikit pesaing atau belum ada yang jual, jika di suatu lokasi sudah ada penjual mie ayam bakso yang laris pasti akan sulit jika baru memulai di awal. 

Sebaliknya, Usaha yang Kelihatan Ramai Tapi Berisiko

1. Fashion Trending

Bisnis di bidang fashion adalah usaha pakaian yang sedang tren, populer, dan viral memang sangat menguntungkan pada waktu trending, tetapi saat trend nya sudah hilang maka akan ikut sepi.

Perkembangan fashion seringkali mematikan beberapa pebisnis jika tiba-tiba turun popularitasnya. 10 tahun lalu pernah viral fashion celana pensil dan celana boxer, tapi sekarang? sudah tidak populer lagi kan.

Inovasi di bidang fashion, masalahnya kalau sudah diproduksi tidak bisa dirombak lagi. Untung kalau stoknya masih ada tapi kalau masih belum habis akan jadi masalah.

Saya pernah mengalami sendiri, saat mencoba memproduksi kaos dengan sablon yang sedang ngetrend, tetapi ketika redup dan stok masih sisa, sulit dijual akhirnya dibagi-bagikan. Mungkin kaosnya masih bisa dipakai.

2. Bisnis Naik Daun

Jenis bisnis naik daun, bisnis ini lebih baik dihindari karena hanya bertahan sesaat. Ya mungkin jika beruntung bisa kaya mendadak, tetapi jika tiba-tiba tren nya lenyap.

Pernah dengan beberapa usaha ini?

Gelombang cinta, batu akik, ikan cupang, crypto dan lain sebagainya. Hanya bertahan kurang lebih satu tahun kemudian lenyap tak ada harganya.

Coba bandingkan dengan tempat nongkrong, misalnya yang dulunya hanya warkop lalu anda luaskan tempatnya di modifikasi menjadi coffee shop dengan wifi? selama masih bisa untuk nongkrong dan mengikuti zaman justru nilai jualnya akan naik.

Atau usaha jajanan yang kemungkinan modal kecil, sehari habis, sehari produksi dan habis. Ketika ada jajanan baru tinggal ganti ikut jualan jajanan yang sedang ngetren, lebih mudah dan tidak pernah sepi.

3. Gadget dan Hp

Ini usaha yang berisiko, butuh modal besar dan pengalaman tinggi. Bahkan jika anda tahu bahwa pemilik konter jaman sekarang hanya modal tempat, tidak modal barang dagangan HP. Para merek HP lah yang menyewa toko atau konter untuk menjualkan barangnya.

Gadget, Hp ini sangat cepat sekali muncul varian baru terus, dan ini bisa jadi masalah ketika kita punya stok lama. Harganya turun dan susah dijual, orang akan mencari hp terbaru.

Saat di tahun 2022 maka  orang umumnya akan mencari Hp tahun 2022 dibandingkan dengan keluaran 2021 atau 2019, kecuali jenis second. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama