Ini 5 Usaha Yang Tidak Pernah Sepi

Mungkin sudah banyak artikel atau informasi jenis usaha yang tidak pernah sepi. Di artikel ini saya akan menjelaskan lebih dalam dan meyakinkan. Bukan sekedar informasi umum ini itu usaha yang tidak pernah sepi, sama satu dengan yang lainnya.

Kunci usaha yang tidak ada matinya adalah "usaha yang pasti dibutuhkan manusia dan berinovasi".

Selama ada manusia hidup, selama itu pula akan selalu ada peluang, ada usaha, baik produk maupun jasa. Perubahan yang terjadi hanya pada cara kerja dan inovasinya. 

Maka dari itu pada artikel ini semoga bisa membuka mata anda tentang sebuah inovasi yang menjadikan usaha tidak pernah sepi dan terus mengikuti perkembangan jaman.

3 Usaha yang Tidak Pernah Sepi Karena Inovasi

1. Tempat Nongkrong dan Ngopi 

usaha tidak pernah sepi warkop
Dari warkop  hingga Coffee Shop

Di tahun 90 an warkop menjadi tempat favorit para remaja untuk nongkrong, ngopi dan ngobrol bersama temannya. Inti usaha warkop di tahun 90 adalah tempat nongkrong, ngobrol, dan ngopi. 

Di era tahun 2000 an mulai marak kendaraan bermotor, warkop menjadi tempat nongkron dan istirahat, jalan-jalan mulau banyak dibangun. Tahun dimana mulai muncul banyak motor dan kendaraan, di tahun ini banyak bermunculan warkop di jalan-jalan strategis

Di tahun 2010 mulai berkembang internet, warkop mulai berubah menjadi coffee shop menyediakan tempat yang instagramable dengan koneksi wifi internet. Kemudian di era 2015 muncul tren vape, tapi intinya sama mereka datang untung nongkrong.

Inti dari usaha dari mulai warkop hingga coffee shop adalah "tempat nongkrong, sambil ngopi"

Siapa yang bisa mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi maka pasti akan terus ramai tidak pernah sepi. Selama masarakat Indonesia suka ngumpul sambil ngopi.


2. Usaha Bidang Hiburan

usaha hiburan
Sadarkah anda bahwa ramainya pemilik channel youtube jaman sekarang ini bagian dari hiburan. Selama manusia hidup pasti butuh hiburan.

Seperti di tahun 90 an radio dan televisi sangat digandrungi, kemudian di tahun 2000 an mulai grup musik, konser, dan Mp3 disukai. Lalu di era 2010 hingga sekarang facebook, youtube ramai disukai ya karena disana memberikan hiburan.

JKTGo adalah salah satu contoh yang menyadari bisnis usaha hiburan ini akan selalu ramai. Mereka lalu meluncurkan hiburan rumah hantu seperti Terowongan Casblanka, Rumah Setan Malioboro, Wisata Desa Penari dll

Marvel juga terus laris karena bisa berinovasi di sektor hiburan. Ketika di era tahun 70-90 sangat tenar dengan komiknya, tahun 2010 sudah berinovasi dengan film-film layar lebar dari Marvel Cinematic Universe.

Grup music dan konser tidak pernah sepi job jika penyanyinya terus mengeluarkan lagu dan album baru.

3. Jajanan Sesuai Tren

Mengapa saya sebut jajanan sesuai jaman, karena intinya sama, manusia akan selalu butuh jajan dan makan. Jajan bukan lagi soal lapar, tetapi karena tren dan keinginan.

Dari tahun ke tahun selalu muncul beragam inovasi jajanan. 20 Tahun yang lalu tidak ada yang namanya telur gulung, karena siapa saja dengan mudah bisa menggoreng telur di rumah, tapi siapa sangka sekarang jadi jajajan yan laris.

Getuk jajanan khas Indonesia ini mungkin adalah jajanan yang sangat laris di tahun 80-90 an tetapi berkembangnya zaman semakin dilupakan. 

Inovasi jajanan tidak terlalu sulit, hanya butuh sentuhan baru kemudian viral disukai masyarakat. Inti usaha yang tidak pernah sepi di sektor jajajan itu bisa berinovasi.

Banyak sekali jajanan baru seperi boba, bakso bakar, cilor maklor, basreng dll

4. Ternak Ayam

Rasa-rasanya ketika ingin memikirkan apakah orang Indonesia tidak lagi makan daging ayam, tidak lagi makan telur? sepertinya tidak mungkin.

Jadi usaha ternak ayam potong dan telur pasti tidak akan sepi, tinggal pandai mencari suplay pasar dan konsumennya saja.

Sebaliknya, Usaha yang Kelihatan Ramai Tapi Beresiko

1. Fashion Trending

Bukan yang sekedar jualan pakaian. Bidang fashion adalah usaha pakaian yang sedang tren, populer, dan viral.

Perkembangan fashion seringkali mematikan beberapa pebisnis jika tiba-tiba turun popularitasnya. 10 tahun lalu pernah viral fashion celana pensil dan celana boxer, tapi sekarang? sudah tidak populer lagi kan.

Inovasi di bidang fashion, masalahnya kalau sudah diproduksi tidak bisa dirombak lagi. Untung kalau stoknya masih ada tapi kalau masih belim habis akan jadi masalah.

Saya pernah mengalami sendiri, saat mencoba memproduksi kaos dengan sablon yang sedang ngetrend, tetapi ketika redup dan stok masih sisa, sulit dijual akhirnya dibagi-bagikan. Mungkin kaosnya masih bisa dipakai.

2. Bisnis Naik Daun

Jenis bisnis naik daun, bisnis ini lebih baik dihindari karena hanya bertahan sesaat. Ya mungkin jika beruntung bisa kaya mendadak, tetapi jika tiba-tiba tren nya lenyap.

Pernah dengan beberapa usaha ini?

Gelombang cinta, batu akik, ikan cupang, crypto dan lain sebagainya. Hanya bertahan kurang lebih satu tahun kemudian lenyap tak ada harganya.

Coba bandingkan dengan tempat nongkrong, misalnya yang dulunya hanya warkop lalu anda luaskan tempatnya di modifikasi menjadi coffee shop dengan wifi? selama masih bisa untuk nongkrong dan mengikuti zaman justru nilai jualnya akan naik.

Atau usaha jajanan yang kemungkinan modal kecil, sehari habis, sehari produksi dan habis. Ketika ada jajanan baru tinggal ganti ikut jualan jajanan yang sedang ngetren, lebih mudah dan tidak pernah sepi.

3. Gadget dan Hp

Ini usaha yang sangat berbahaya, butuh modal besar dan pengalaman tinggi. Bahkan jika anda tahu pemilik konter jaman sekarang hanya modal tempat, tidak modal barang dagangan HP. Para merek HP lah yang menyewa toko atau konter untuk menjualkan barangnya.

Gadget, Hp ini sangat cepat sekali muncul varian baru terus, dan ini bisa jadi masalah ketika kita punya stok lama. Harganya turun dan susah dijual. 

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermaanfaat bagi manusia lainnya, semoga blog ini bermanfaat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama